Ucapan Doa Kesembuhan Untuk Menjenguk Mendoakan Orang Sakit

Ucapan Doa Kesembuhan Untuk Menjenguk Mendoakan Orang Sakit – menjaga tali silaturahmi, menjaga kekerabatan dan lain sebagainya seperti bisa di contohkan dengan cara menjenguk orang yang sedang sakit. Aktivitas dari saling men jenguk ketika ada saudara atau tetangga yang sedang sakit tidak hanya sebagai rutinas dari budaya umat islam yang baru muncul beberapa waktu saja tetapi sudah ada dari zaman baginda rosul saw.

Sikap atau aktivitas baginda rasul saw selama hidupnya yang selalu menjenguk orang sakit bahkan beliau tidak hanya melakukannya pada umat islam saja tetapi juga kerap kali mengunjungi orang non muslim yang sedang tertimpa musibah, tentu hal seperti ini sangat patut kita contoh sebagai umatnya karena selain dalam rangka memupuk tali persaudaraan antar sesama manusia, juga menjenguk orang sakit juga memiliki hikmah yang sangat besar baik itu untuk si penjenguknya atau orang yang di jenguknya, serta memiliki makna syiar yang begitu tinggi di dalamnya

ada salah satu manfaat yang cukup baik bagi si penjenguk yaitu selain mendoakan dari jauh setelah bacaan sholat juga bisa dengan bacaan khusus atau shalawat istighfar dan yang lainnya. Juga orang yang menjenguk bisa meminta untuk di doakan kepada yang di jenguk. kenapa bisa begitu, kerana biasanya orang yang sedang sakit, hati dan pikirannya akan lebih sering ingat kepada allah setiap waktu sehingga memungkinkan doa pun akan lebih cepat di kabulkannya, apalagi terdapat dalam salah satu hadits yang bunyinya.

Gambar Doa Untuk Orang Sakit

عن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا دخلت على مريض فمره فليدع لك، فإن دعاءه كدعاء الملائك

“Umar bin Khatab berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Bila kamu mengunjungi orang sakit, mintalah ia untuk mendoakanmu, karena sesungguhnya doa mereka sama dengan doa malaikat.” (HR: Ibn Majah, dan lain-lain). Hadits ini di kutip oleh imam al-Nawawi dalam kitabnya al-Azkar yang menunjukan pada kita bahwa selain mendoakan orang yang sedang sakit juga kita minta untuk di doakan olehnya karena doa orang yang sakit hampir menyamai dengan doanya para malaikatnya allah swt.

Maka melihat penjelasan di atas, tidaklah heran apabila baginda nabi saw selalu menjenguk orang yang sedang sakit terutama beliau lakukan setelah selesai shalat jum’at. Ternyata banyak hikmah yang bisa di ambil dari saling mengunjungi orang sakit selain menunjukan rasa kekerabatan, menjadi motivasi kepada yang sedang sakit juga kita sebagai penjenguk bisa meminta di doakan yang mana di jelaskan pada hadits di atas untuk keutamaannya. maka dari itu marilah untuk selalu menjenguk yang sakit meski bukan saudara atau kerabat. Dan berikut adalag doanya.

Doa Untuk Orang Sakit

اللَّهُمَّ أَذْهِبِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ وَاشْفِ فَأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا * رواه الترمذى 3488

Allahumma adzhibil ba’sa rabbannaasi wasyfi fa antassyaafi laa syifaa a illa syifaa uka syifaal laa yughaadiru saqoma.

Artinya : Ya Allah semoga engkau menghilangkan penyakit wahai Tuhan manusia, dan berilah kewarasan, sebab Engkau adalah Dzat yang memberi kewarasan, tiada obat kecuali obat Engkau yang menghilangkan penyakit.

untuk menjengkuk orang yang sedang sakit usahakan mencari waktu yang lebih tepat.

share

Related posts

Leave a Comment