Waktu Pelaksanaan & Doa Sholat Istikhoroh Jodoh Langsung Dapat Petunjuk

Waktu Pelaksanaan & Doa Sholat Istikhoroh Jodoh Langsung Dapat Petunjuk – Sholat Istikhoroh adalah ibadah sunnah yang menjadi bentuk dari taqorrub kepada Allah swt dengan tujuan agar di berikan petunjuk atas segala hajat di waktu yang akan datang. Terutama ketika ada seseorang yang sedang di hadapkan dengan dua pilihan atau lebih yang masih di ragukan kemanfaatannya, apakan baik atau buruk pilihan tersebut maka sholat sunnah ini lebih di anjurkan pelaksanaannya.

Selain di kerjakan ketika sedang di hadapkan dengan pilihan jodoh suami atau istri, sholat sunnah istikhoroh ini juga di anjurkan untuk di lakukan pada setiap menghadapi permaslahan hidup misal salah satunya ketika di hadapkan dengan pemilihan pekerjaan. Karena di akui atau tidak, bahwa sesuatu yang baik atau jodoh sama sekali tidak bisa di tentukan oleh kita sendiri sebab permasalahan ini hanya allah yang maha tahu, sehingga kepada dialah kita memohon petunjuk.

Sama halnya seperti ketika melakukan dhuha yang di tutup dengan doa sholat dhuha dalam panduan atau tata cara pelaksanaan dari sholat istikhoroh juga pertama di awali dengan niat dan di akhiri salam yang kemudia di tutup oleh doa setelah sholat istikhoroh yang di bacakan secara khusu dengan harapan terkabulnya apa yang di hajatkan. Serta untuk jumlah rakaatnya di kerjakan sebanyak dua rakaat Di malam hari.

Waktu Pelaksanaan Dan Doa Sholat Istikhoroh Jodoh Langsung Dapat Petunjuk

Kesunnahan sholat istikhoroh ini bukanlah ibadah yang tanpa dasar, tetapi juga di landasi oleh beberapa hadits nabi yang menyatakan keharusan untuk mengerjakannya ketika di hadapkan dengan pilihan yang masih bimbang, salah satu di antara hadits tersebut yaitu “sebagian dari tanda kebahagian anak Adam adalah melakukan istikharah kepada Allah dan ridha dengan ketentuan Allah baginya, dan sebagian tanda celaka anak Adam adalah meninggalkan istikharah kepada Allah dan murka kepada ketentuan Allah baginya (H. R. Imam Turmizi)”.

Dalam pelaksanaannya dari sholat istikhoroh ini sama dengan pada umumnya yaitu dua rakaat, namun untuk bacaan surat meksipun tidak ada yang di anjurkan lebih utama jika pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun, dan di roka’at yang kedua setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas. Sedangkan untuk waktunya lebih di utamakan di malam hari yang kemudian langsung di sambung dengan tidur, berikut adalah bacaan doanya.

Doa Setelah Sholat Istikhoroh

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِي بِهِ

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotika wa as aluka min fadhlikal ‘adzhiimi. Fainnaka taqdiru walaa aqdiru walaa a’lamu wa anta ‘al-laamulghuyuubi. Alloohumma inkunta ta’lamu anna haadzal amro….. khoirun lii fii diinii wama’aasyii faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baariklii fiihi wa inkunta ta’lamu anna haadzal amro….. syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajilihi fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdurlil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon petunjuk kepadaMu dengan ilmuMu dan aku memohon ketentuan daripadaMu dengan kekuasaanMu dan aku memohon daripadaMu akan limpah kurniaanMu yang besar. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa sedangkan aku tidak berkuasa dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahu segala perkara yang ghaib. Ya Allah, seandainya dalam ilmuMu bahwa urusan ini (sebutkan..) adalah baik bagiku pada agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku, takdirkanlah ia bagiku dan permudahkanlah serta berkatlah bagiku padanya dan seandainya seandainya dalam ilmuMu bahwa urusan ini (sebutkan..) mendatangkan keburukan bagiku pada agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku, jauhkanlah aku daripadanya dan takdirkanlah yang terbaik bagiku kemudian ridhailah aku dengannya”

Untuk jawaban atau hasil dari sholat istikhoroh ini tidak selamanya datang melalui mimpi tetapi ada kalanya juga datang melalui tanda yang datang dalam keseharian atau kemantapan dan kecanggungan hati.

share

Related posts

Leave a Comment