Pengertian, Niat, Dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Pengertian, Niat, Dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh (Puasa 3 hari setiap bulan bagaikan puasa 1 tahun) Cukup banyak hadits Rasulullah yang berisi mengenai keutamaan ibadah puasa baik puasa wajib ataupu puasa sunnah termasuk puasa ayyamul bidh, dimana ketuamaannya cukup besar bagi orang yang mengamalkannya, untuk lebih jelasnya silakan baca hadits berikut ini.

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan : Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR Bukhori dan Muslim).

Pengertian, Niat, Dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh
Pengertian, Niat, Dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh (Puasa 3 hari setiap bulan bagaikan puasa 1 tahun)

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh:

1) Puasa ayyamul bidh merupakan Perintah dan anjuran dari Nabi Muhammad SAW:

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Artinya: “Kekasihku (yakni Rasulullah SAW) mewasiatkan kepadaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati. Pertama: berpuasa tiga hari setiap bulannya. Kedua: mengerjakan shalat dhuha. Dan ketiga: mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari)

2) Puasa ayyamul bidh pahalanya sama seperti melakukan puasa setahun.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Artinya: “Rasulullah SAW biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu pada tanggal 13, 14, 15 dari bulan Hijriyah.” Dan beliau bersabda: “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud)

3) Puasa ayyamul bidh merupakan kebiasaan yang dilakukan Nabi SAW

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Artinya: Dari Abu dzar ia berkata, bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda: “Wahai Abu Dzar, jika engkau berpuasa tiga hari dalam sebulan, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15.” (HR. At-Tarmidzi).

Niat Puasa Ayyamul Bidh

 نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

“NAWAITU SAUMA AYYAMI BIDH SUNNATAN LILLAHI TA’ALA”

Artinya: “Sahaja aku berpuasa sunnah ayyamul bidh karena Allah ta’ala”

Pengertian Puasa Ayyamul Bidh

Puasa ayyamul bidh adalah satu dari sekian amalan puasa sunnah yang dilakukan 3 (tiga) pada hari setiap bulannya, yaitu pada hari/tanggal 13, 14, dan 15 dari bulan Hijriyah.

Pengertian Ayyamul bidh yaitu hari-hari putih. Mengapa puasa ini disebut dengan ayyamul bidh? Sebab pada malam-malam tersebut bulannya bersinar seperti bulan purnama yang sinarnya tampak sekali begitu putih.

Tanggal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Juli 2018
Hari: Kamis, Jumat, Sabtu – 26, 27, 28 Juli 2018

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Idul Adha Dzulhijjah 10 Hari Pertama

Itulah yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai Pengertian, Niat, Dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh, semoga kita semua dapat dengan konsisten melaksanakan ibadah puasa ini.

share

Related posts

Leave a Comment