Pengertian Waktu Niat Doa Dan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Idul Adha

Pengertian Waktu Niat Doa Dan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Idul Adha – sholat idul adha adalah sholat sunnah ied yang di kerjakan pada tanggal 10 dzulhijjah atau di kenal dengan hari raya idul adha. Sedangkan untuk waktu pelaksanaanya yaitu di kerjakan pagi hari setelah matahari terbit, jika di perkirakan ukuran pukul 6 pagi, namun mengenai waktu tepatnya terbit biasanya sudah di umumkan langsung dari pihak kemenag sebelumnya untuk tiap-tiap daerah atau di beritahukan oleh para ulama dan kiayi yang memiliki keahlian khusus di bidang tersebut.

Meskipun sholat idul adha sama halnya seperti idul fitri yaitu memiliki hukum sunnah, namun dalam pelaksanaannya sangat di anjurkan baik itu bagi laki-laki atau perempuan, bahkan menurut sebagian pendapat wanita haid pun sebaiknya ikut pergi ke tempat pelaksanaan sholat namun duduknya di tempat terpisah yang di khususkan untuk wanita haid, tujuannya guna sama-sama mendengarkan ceramah dari isi khutbah idul adha, sama-sama bertakhbir dan lain sebagainya.

melihat dari teknis pelaksanaan dan waktunya yang dilakukan hanya satu tahun sekali, seakan-akan sholat idul adha dan idul fitri ini berbeda dengan sholat pada umumnya. Padahal sebenarnya dari Syarat dan rukun bahkan hal-hal yang membatalkan dan pekerjaan-pekerjaan atau ucapan-ucapan yang disunnahkan pada sholat idul adha sama seperti halnya sholat pada umumnya. Tetapi mungkin ada sedikit perbedaan yaitu pada sholat idul adha dan idul fitri tidak di awali dengan adzan dan iqamah.

Selain itu juga sholat idul adha dan idul fitri di sunnahkan untuk di kerjakan secara berjamaah di tempat luas yang sekiranya mampu menampung semua jamaah baik itu berupa masjid atau lapangan. Namun menurut sebagian pendapat apabila terjadi seseorang terlambat sehingga tidak sempat mengikuti berjamaah atau mungkin karena adanya halangan sehingga benar-benar tidak bisa mengikutinya, maka sebaiknya sholat ied di lakukan sendiri atau munfarid dari pada tidak mengerjakan sama sekali.

Sholat idul adha di kerjakan sebanyak 2 rakaat secara di berjamaahkan dan memiliki hukum sunnah yang sangat di anjurkan, serta apabila sholat idul adha di sunnahkan untuk segera di lakukan apabila sudah masuk pada waktunya karena bertujuan agar bisa dengan cepat menyembelih hewan qurban, sedangkan apabila idul fitri lebih baik agak di lambatkan atau agak di akhirkan karena untuk memberi kesempatan pada orang-orang muslim yang belum sempat mengeluarkan zakat fitrah, sedangkan untuk tata cara lengkapnya lansung simak di bawah ini.

Tata cara Sholat Idul Fitri

1. Niat Sholat Idul Adha

أُصَلِّي سُنَّةَ عِيْدِ اْلأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iedil adha rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya : Saya Niat Sholat Sunnah Idul Adha 2 Rakaat Karena Allah Ta’ala

2. Takhbirotul Ikhram
3. Di Lanjut Membaca Doa Iftitah
4. Sesudah Membaca Iftitah Di lanjut Takhbir Lagi sebanyak 7 kali untuk rakaat pertema, dan di antara takhbit tersebut membaca : سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ
5. Membaca Surat Al-Fatatihah
6. Membaca salah satu surat dari Al-qur’an yang sudah di hafal, Lebih di anjurkan surat Ghasyiyah
7. Di lanjut dengan ruku, lalu berdiri dari ruku, kemudian sujud, dan duduk diantara dua sujud, sujud lagi yang kedua, dan kemudian langsung berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua.
8. Setelah berdiri untuk rakaat kedua, kemudian langsung melakukan takhbir lagi 5 kali sambil mengangkat tangan dan melafalkan “allâhu akbar” serta di antara takhbir tersebut membaca bacaan seperti yang ada pada poin ke empat.
9. Untuk pelaksanaan rakaat kedua sama seperti pada rakaat pertama yang nantinya di akhiri dengan tasahud akhir dan salam.

Sesudah selesai mengerjakan sholat idul adha, semua jamaah tidak di perbolehkan untuk langsung pulang, namun harus mengikuti terlebih dahulu khutbah idul adha yang di bacakan oleh petugas yang sudah di tujuk untuk mengerjakannya, tugas makmum atau jamaah cukup hanya mendengarkannya saja secara khusu, terkecuali jika memang sholat tersebut di lakukan secara sendiri. Setelah selesai khutbah maka langsung di perbolehkan untuk pulang, atau bisa juga di tutup dengan bersalam-salaman.

Itulah sedikit dari pembahasan mengenai sholat idul adha yang bisa di jadikan panduan bagi kalian yang sedang mencari referensi untuk di amalkan. Silahkan baca dengan baik dan fahami secara benar terutama dari semua yang berhubungan dengan pengertian waktu niat doa Dan tata cara pelaksanaan sholat idul adha beserta artinya idul fitri berapa rakaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *