Bacaan Niat dan Doa Puasa Idul Adha Arab Latin berikut Artinya

Bacaan Niat dan Doa Puasa Idul Adha Arab Latin berikut Artinya – Hari raya idul adha adalah salah satu hari besar untuk umat Islam dimana pada hari itu ada keistimewaan untuk semua orang yang merayakannya dengan amalan ibadah salah satu ibadah yaitu dengan mengamalkan ibadah puasa sunah sebelum tanggal 10 dzulhijah tiba atau bisa kita sebut dengan puasa arofah dan puasa tarwiyah, ibadah puasa tersebut dianjurkan bagi umat Islam.

Bacaan Niat dan Doa Puasa Idul Adha Arab Latin berikut Artinya
Bacaan Niat dan Doa Puasa Idul Adha Arab Latin berikut Artinya

Amalan puasa sunnah itu bagian dari sunah Rasul yang dianjurkan bagi umat untuk segera melaksankanannya oleh karena itu kita ikuti anjuran tersebut denganmenjadikan puasa arafah dan puasa tarwiyah untuk meraih kebahagiaan pada saat hari raya idul adha.

Ada hikmah dan keunggulan dari adanya ibadah di bulan dzulhijjah terhitung sejak mulai tanggal pertama sampai dengan tanggal 10 dzulhijjah diantaranya, sebagaimana yang telah dijelaskan pada sebuah hadits dibawah ini.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.”

Bacaan Niat dan Doa Puasa Idul Adha Arab Latin berikut Artinya

Niat Puasa Sunah Tanggal 1 – 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu Shauma Syahri Dzilhijjati Sunnatan Lillahi Ta’aalaa”

Artinya :”Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala”

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu Shaumat Tarwiyata Sunnatan Lillahi Ta’alaa”

Artinya : “Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta’ala”

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma ‘Arofata Sunnatan Lillahi Ta’alaa”

Artinya :”Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta’ala”

Demikianlah Bacaan Niat dan Doa Puasa Idul Adha Arab Latin berikut Artinya, semoga ada manfaatnya bagi anda semua. Ibadah amalan puasa sebelum hari raya idul adha itu merupakan bagian amalan penting untuk menyambut kedatangan hari raya idul adha dalam beberapa hari lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *