Doa Sesudah Sholat Tahajjud Lengkap Arab Latin Terjemah

Doa Sholat Tahajjud –  Sholat Tahajjud adalah sholat yang dilakukan pada waktu malam hari setelah sholat sampai terbitnya fajar, dengan syarat orang tersebut sudah tidur terlebih dahulu. Meskipun tidur itu hanya sebentar, sudah bisa menjadi syarat seseorang untuk melakukan sholat tahajjud. Jumlah rokaatnya minimal adalah 2 rakaat. Tidak ada batasan jumlah rakaat, tapi cara melakukannya adalah dengan 2 rakaat salam.

Bolehkan sholat tahajjud sebelum tidur? Jika anda melaksanakan sholat malam hari sebelum tidur, entah itu jam 12 malam atau jam 3 malam, tidak disebut sebagai sholat tahajjud. Karena tahajjud sendiri berarti berusaha dengan keras/sungguh-sungguh untuk melakukan sesuatu. Kalau orang belum tidur tentu tidak berat melakukan sholat, tapi kalau sudah tidur dan dia harus bangun untuk sholat, maka akan berat baginya melakukan itu. Karena itu disebut tahajjud.

Waktu yang paling bagus untuk melakukan sholat tahajjud adalah seperti malam yang terakhir. Kira-kira jam 2 pagi sampai menjelang waktu subuh. Itu adalah waktu di mana orang tidur paling enak. Sehingga kalau orang bisa bangun pada waktu waktu tersebut tentu karena keinginannnya yang kuat untuk bisa menghadap kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: ”’ Perintah Allah Turun ke langit dunia diwaktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang – orang yg memohon (Berdoa) pasti akan kukabulkan, adalah orang yg meminta, pasti akan kuberi dan adalah yg mengharap / memohon ampunan, pasti akan kuampuni baginya, sampai tiba waktu sholat subuh ”’.

Dari Hadist Nabi Muhammad Saw diatas bisa diambil kesimpulan bahwa Shalat Tahajud dikerjakan pada saat sepertiga waktu malam dan memiliki fadhilah yang sangat besar sekali seperti yang sudah disampaikan dalam hadis Nabi tersebut di atas. Karena itu kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berdoa setelah sholat tahajjud, karena doa-doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Dalam al-Quran Allah SWT juga telah menyampaikan betapa kita harus memanfaatkan sebagian waktu malam itu untuk melakukan sholat Tahajjud. ” Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk Shalat Tahajud, sebagaii Shalat Sunah untuk diriimu dan mudah mudahan tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik (S. Bani Israil ; 79) ”. Ayat ini menunjukkan keutamaan dan fadhilah sholat tahajjud yang bisa membuat seseorang diberi kedudukan yang baik.

Itu tadi sedikit uraian tentang sholat Tahajjud, sekarang akan saya sampaikan doa sesudah sholat Tahajjud yang biasa dibaca dan diajarkan oleh guru-guru kita.

DOA SESUDAH SHOLAT TAHAJJUD

Bacaan Latin Doa Sesudah Sholat Tahajjud :

“Allahumma lakal hamdu Anta qoyyimus samaawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu Anta malikussamaawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu Anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu. Wa liqoouka haqqun, wan nabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shollahu alaihi wasallam haqqun, wassaa’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoosomtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhortu wa maa asrortu, wa maa a’lantu, antal muqoddimu wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illa anta, au laa ilaaha illa ghoiruka, wa laa haula wa laa quwwata illa billahi…”

Arti Doa Sesudah Sholat Tahajjud :

Ya Alloh, bagimu segala puji. Engkau-lah (Alloh) penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimulah segala puji, Engkau (Alloh) Raja penguasa langit dan bumi. Bagimu-lah (Alloh) segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagimu-lah (Alloh) segala puji, Engkau-lah (Alloh) yg hak dan janjimu adalah benar dan perjumpaanmu itu adalah hak dan firmanmu adlh benar, dan surga adlh hak dan Neraka adlh hak dan Nabi – Nabi itu hak benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar, dan saat hari Kiamat itu benar. Ya Alloh kepadamulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali dan kepadamulah kami rindu dan kpd engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yg sudah kami lakukan dan yg sebelumnya baik yg kami sembunyikan maupun yg kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yg terdahulu dan Tuhan yg terakhir, Tiada Tuhan melainkan Engkau Alloh Rabbul  Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dg Allah ’.

Itulah doa sesudah sholat Tahajjud yang bisa anda baca. Namun sebelum membaca doa itu, sebaiknya anda juga banyak membaca dzikir seperti istighfar, tasbih, tahmid dan juga shalawat Nabi. Setelah itu baru baca doa sesudah sholat tahajjud diatas. Insya Allah hati akan lebih tenang dan juga fadhilah sholat tahajjud akan kita dapat. Amin

share

Related posts

Leave a Comment