Tata Cara Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bagi Wanita

Tata Cara Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bagi Wanita – untuk para wanita yang sedang berada pada masa tersebut memang terdapat kemurahan dalam hal beribadah di mana dia tidak boleh sholat dan tidak perlu mengqadhanya, serta tidak di perbolehkan puasa tepi diharuskan untuk menggantinya di waktu yang berbeda. Mengapa di katakan kemurahan sebab biasanya wanita yang sedang haid keadaan tubuhnya kurang setabil sehingga apabila melakukan aktivitas akan sedikit kurang maksimal.

Tata Cara Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bagi Wanita
Tata Cara Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bagi Wanita

Mandi wajib sesudah haid hukumnya adalah wajib dan apabila tidak segera di kerjakan maka haram baginya melakukan peribadahan misal salah satunya adalah sholat. Sehingga karena kewajiban ini berhubungan dengan permasalahan ibadah lain sudah tentu dalam pelaksanaannya pun harus benar-benar sesuai terpenuhi segala hal yang telah di syariatkan dan salah satunya harus membaca doa mandi wajib atau populer dengan sebutan niat. Selain juga harus memenuhi tata cara yang benar dan sempurna agar mandinya tersebut sah menurut agama.

Tidak sedikit orang menganggap hal biasa sehingga mereka dalam pelaksanaannya tidak memperhatikan bagaimana panduan yang benar, mungkin beranggapan bahwa mandi wajib atau besar sama dengan pada umumnya yang biasa di lakukan sehari-hari. Padahal untuk mandi besar ini memiliki tata cara khusus yang benar-benar harus di penuhi oleh orang yang mengerjakannya.

Sebab itulah pembahsan ini satu persatu akan coba di perjelas bagaimana tata cara serta bacaan doa niat mandi wajib yang benar, agar dalam pelaksanaannya nanti sesuai dengan syariat agama, tidak mengerjakan asal-asalan, sehingga nanti mandipun benar-benar sempurna bernilai ibadah.

Inilah Niat Mandi Wajib Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof’i khadzasil khaidi lillahi ta’aala

Artinya : Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta’ala

Sebenarnya ada banyak hal yang harus di pahami, tidak hanya sekedar niat mandi haid saja tetapi juga bagaimana hukum rambut yang jatuh atau rontok ketika haid, apakah harus di kumpulkan dan di bawa ikut mandi besar, serta apakah bagaimana hukumnya mencukur atau memotong kuku ketika haid. Untuk bacaan niat sendiri ada perbedaan pendapat ada yang perlu dibaca ada juga yang cukup niat saja dalam hati.

Baca juga: Dzikir Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Khusus Rezeki Dan Jodoh

Demikianlah info tentang Tata Cara Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bagi Wanita, semoga bermanfaat bagi anda semua terutama para wanita yang ingin melakukan mandi wajib.

share

Related posts

Leave a Comment