Doa Mohon Diberi Ketenangan Hati Dan Pikiran Paling Mustajab

Kita memohon kepada yang mempunyai hati dan pikiran, yaitu Allah SWT agar memberikan ketenangan. Sebab pikiran, jiwa dan hati yang tenang adalah hal penting menjadi modal utama kita dalam  menjalani kehidupan secara sehari-hari. Meski secara fisik tubuh kita sehat, jika hati dan pikiran kita tidak tenang, maka kebahagiaan akan sulit kita raih.

Dalam agama kita Islam sudah diberikan banyak petunjuk untuk mengobati hati yang gelisah dan gundah. Diantaranya adalah dengan banyak membaca al-Qur’an dan artinya, sehingga bisa memahami makna yang terkandung dalam bacaan al-Qur’an tersebut. Selain itu, sholat tentu bisa menjadi penolong bagi tercapainya ketenangan hati. Apalagi ditambah dengan doa memohon agar diberi ketenangan jiwa hati dan pikiran. InsyaAllah perasaan gelisah akan sirna.

Jika kegelisan itu karena masalah rejeki yang seret dan hutang, jangan lupa nanti membaca artikel di bawah ini:

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa doa untuk ketenangan hati yang bisa anda lafalkan, baik dalam bahasa Arab, Latin maupun terjemahnya.

Langkah yang harus anda lakukan jika mengalami kegelisah hati adalah, silahkan ambil air wudlu, kemudian sholatlah. Sholat dapat menentramkan dan menenangkan hati Anda yang tengah gundah gulana. Selesai sholat, berdzikirlah kemudian baca doa mohon ketenangan hati berikut ini:

Doa Mohon Ketenangan Hati dan Pikiran (1)

الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Latinnya :

“ALLOHUMMA INNI AS ALUKA NAFSAN BIKA MUTHMA-INNAH, TU’MINU BILIQOO-IKA WATARDHOO BI QODHOOIKA WATAQNA’U BI’ATHOOIKA”

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.

Selain doa ketenangan hati diatas, anda bisa menambahkan bacaan doa di bawah ini yang intinya juga sama, yaitu mohon dianugerahi hati yang tenang, tidak malas, tidak lemah dan sebagainya:

Doa Ketenangan Hati dan Pikiran (2)

الّلهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاْلعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Latinnya : ”

ALLOHUMMA INNII AU’DZUUBIKA MINALHAMMi WALKHAZANI, WAL A’JZI, WALKASALI, WALBUKHLI WALJUBNI, WADOLA’IDDAINI, WAGHOLABATIRRIJAALI.”

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”

Ada juga doa ketenangan hati dan jiwa yang cukup singkat di bawah ini:

Disamping  dengan membaca doa ketenangan hati dan pikiran di atas, Islam juga mengajarkan bahwa jika kita tengah mengalami kebingungan dan keresahan ada baiknya kita berpasrah diri dan menyerahkan semua keputusan kepada Alloh semata, dengan mengucap Istighfar.

Selain itu,  lakukan beberapa tips ini agar hati Anda dijauhkan dari perasaan cemas sehingga ketenangan hati bisa Anda peroleh.

  • Membaca Surah Yassin atau mendengarkan bacaan-bacaan al-Qur’an dari MP3 yang ada di HP kita.
  • Melakukan sholat Tahajud di malam hari setelah bangun tidur agar Anda merasa semakin dekat dengan Alloh.
  • Banyakkan Istigfar Dan Berzikir dengan lafal “La haula wala quwwata illa billah” (Tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah) dan “Hasbunallaah wa ni’mal wakiil” (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baiknya Pelindung).
  • Jangan  mendengar kan lagu cengeng, karena lagu lagu seperti itu hanya akan membuat kita menjadi semakin gundah saja dan tidak bersemangat.
  • Perbanyak dzikir apa saja, yang penting lisan kita tidak kering dari kalimah toyyibah yang selalu mengingatkan kita kepada Allah.

Demikian beberapa doa memohon agar  diberi ketengan hati dan pikiran yang bisa saya bagikan kepada anda semua.

share

Related posts

Leave a Comment