Pengertian Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha Hukum berikut Artinya

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha – Ada amalan yang juga sama pentingnya dibanding khutbah idul adha amalan itu adalah sholat idul adha, kita tahu bahwa tata caranya tidak berbeda dengan sholat idul fitri cuma dari perbedaan yaitu dari pembacaan lafadz niat (apabila niat memang perlu dibaca) akan tetapi secara keseluruhan tata caranya sama saja baik dari pelaksanaannya maupun dari dasar hukumnya.

Pengertian Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha Hukum berikut Artinya
v

Sholat idul adha hukumnya adalah sunnah muakkad yang artinya adlaah sunah yang dikuatkan serta dianjurkan untuk segera dilaksanakan dengan berjamaah, sementara untuk perempuan disyaratkan berbeda lagi.

Pengertian Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha

Sebagaimana yang telah di jelaskan dari salah satu kitab fiqh al baijuri juz satu halaman332 dengan redaksinya sebagai berikut:

و الصلاة العيدين)اي الفطر و الاضحى (سنةمؤكدة) و تشرع جماعة و لمنفرد و مسافر وحر و عبد و خنثى و امرأة لا جميلة و لا ذات هيئة

قوله ولمنفرد) فلا تشترط لها الجماعة كما هو ظاهر و لا تسن الخطيب للمنفرد و تسن ايضا للصبي المميز فيطلب من وليه امره بها ليفعلها فيثاب عليها

البيجوري. ١/٣٣٢

Artinya: ” Adapun sholat idlaian (sholat idul fitri dan sholat idul adha) itu hukumnya sunnat muakkad.Dan tatacara pelaksanaan dari sholat idul adha itu dianjurkan dilakukan secara berjama’ah. Begitu juga untuk yang dikerjakan secar sendirian ataupun bagi seorang musafir, orang merdeka dan budak serta bagi khunsa dan wanita dengan syarat keudanya (khunsa dan wanita) tidak menimnulkan fitnah. Adapun ucapan yang di maksud dengan munfarid (sendirian) itu, maka tidka di syaratkan pada pelaksanaannya itu berjama;ah dan tidak di sunatkan pula adanya khotib bagi si munfarid, begitu huga di sunatkan bagi anak yang sudah mumayyij (umur mendekati baligh) dan terhadap orang tuanya untuk memerintahkan agar melaksanakan sholat idul adha tersebut kepada anaknya agar mendapat pahala dari pelaksanaannya tersebut.” Kitab Albaijuri juz 1 halaman 332.

Tata cara sholat idul adha lemgkap dengan sunnah dan bacaan latinnya.

1. Sholat ied dilaksanakan dengan dua rokaat caranya dalam rukun2, sunah2 dan hai’at2nya sama seperti sholat-sholat yang lainnya.
2. Niatnya cukup dengan niat sholat ied, misalnya

” اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnata ‘Iishil Adhaa Rok’atainiI Mustaqbilal Qiblati Imaaman Lillahi Ta’aalaa

Artinya : “Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka’at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala”, berbarengan dengan takbirotul ikhrom kemudian membaca doa iftitah seperti biasanya

3. Melakukan takbir tambahan sebanyak tujuh kali takbir pada rokaat pertama (7 ini selain takbirotul ikhrom) dan lima kali takbir pada rokaat kedua ( 5 ini selain takbirnya berdiri dari sujud).

Demikianlah info Pengertian Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha Hukum berikut Artinya, semoga anda dapat mengambil manfaatnya dari apa yang baru saja kami sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *