Cara Mengajarkan Pentingnya Tidur Siang Bagi Anak

Tidur siang masih dianggap sebagai salah satu kebiasaan yang sangat penting diterapkan bagi anak. Apalagi hal ini juga akan membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih ideal. Selain itu, tidur siang bagi anak juga membuat metabolisme semakin lebih baik. Namun, tidak seluruh anak mau menjalankan kebiasaan ini. Bahkan, sebagian besar anak lebih cenderung bermain di waktu siang hari. Kondisi seperti ini yang membuat anda harus mulai mengajarkan pentingnya tidur siang bagi anak. Cara yang diterapkan juga tidak terlalu sulit.

 

6 cara mengajarkan pentingnya tidur siang bagi anak

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengajarkan pentingnya tidur siang bagi anak. Masing-masing cara ini harus disesuaikan dengan karakter dan tingkah laku anak. Selain itu, pastikan juga bahwa kondisi rumah hingga kamar memang mendukung bagi anak untuk menjalankan rutinitas tidur siang. Berikut ini ada 6 tips mengajarkan pentingnya tidur siang bagi anak yang terdiri dari:

  1. Cobalah ajak tidur siang tak lama setelah makan siang

Ini merupakan trik mengajarkan pentingnya tidur siang bagi anak. Biasanya anak yang sudah selesai makan siang masih membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kondisi perut. Ini bisa anda manfaatkan untuk mengajak anak tidur siang. Metode ini juga lebih mudah untuk dilakukan karena kondisi perut yang kenyang akan mempengaruhi kondisi fisik dari anak.

  1. Menjelaskan manfaat penting tidur siang

Anda bisa mencoba untuk menjelaskan manfaat penting dari tidur siang kepada anak. Bahkan, penjelasan ini juga bisa disisipkan tentang pengetahuan umum. Misalnya saja anda menjelaskan bahwa tidur siang bisa membuat anak lebih mudah untuk fokus dalam bermain hingga belajar. Selain itu, tidur juga siang juga memberikan manfaat bagi tubuh agar lebih sehat dan bugar.

  1. Batasi penggunaan perangkat hiburan

Tips lain yang bisa dicoba dengan membatasi seluruh penggunaan dari perangkat hiburan, termasuk mainan. Cobalah batasi penggunaan dari seluruh smartphone atau mainan pada siang hari. Hal ini akan membuat anak lebih fokus untuk menjalankan kegiatan yang anda sarankan. Selain itu, bila waktu bermain lebih banyak biasanya akan membuat kerja otak pada anak terus berjalan. Tentu saja itu akan semakin menyulitkan untuk mengajarkan tidur siang.

  1. Jadwalkan tidur siang setiap hari

Mulai buat jadwal tidur siang setiap hari secara rutin. Misalnya saja anda membuat jadwal tidur siang mulai dari jam 1 siang hingga 3 sore. Cara seperti ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan dilakukan anak. Selain itu, anda juga harus mengikuti jadwal yang telah dibuat ini. Hal ini akan menjadi contoh yang baik bagi anak.

  1. Berikan konsekuensi bila anak menghindari tidur siang

Cara lain untuk mengajarkan pentingnya tidur siang bagi anak dengan memberikan konsekuensi bila menghindari. Sebenarnya konsekuensi seperti ini sebaiknya tidak berupa tindakan fisik. Hal itu akan menimbulkan trauma yang mendalam. Namun, anda bisa mencoba untuk memberikan peringatan kepada anak bila sering menghindari tidur siang. Mungkin dengan meniadakan menonton selama beberapa waktu sebagai konsekuensi.

  1. Menawarkan reward agar anak rajin tidur siang

Hal lain yang mungkin bisa menjadi stimulus bagi anak dengan memberikan reward atau imbalan agar anak rajin tidur siang. Cara seperti ini dilakukan untuk menarik perhatian bagi anak untuk menerapkan kebiasaan ini. Bila anda merasa anak sudah mulai rajin untuk tidur siang tidak ada salahnya untuk memberikan imbalan.

share

Related posts

Leave a Comment