6 Cara Menghadapi Anak Yang Selalu Memilih Makanan

Masing-masing anak memang memiliki karakter yang sangat berbeda. Hal ini berdampak pada tingkah laku hingga sifat yang mulai muncul menjadi kebiasaan. Tentu saja ada beberapa kebiasaan yang berdampak positif dan negative. Salah satu kebiasaan yang cenderung memberikan dampak negative seperti memilih makanan. Ada banyak anak yang selalu memilih makanan karena disesuaikan dengan keinginan. Tentu saja ini akan mempengaruhi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Tidak seluruh makanan yang memiliki rasa enak menurut anak mengandung banyak nutrisi bergizi. Kondisi seperti ini tentu saja harus segera diatasi. Anda bisa mencoba berbagai hal untuk menghadapi anak yang selalu memilih makanan.

 

6 cara menghadapi anak yang selalu memilih makanan

Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk menghadapi anak yang selalu memilih makanan. Masing-masing cara itu juga harus disesuaikan dengan karakter anak. Hal ini akan mempengaruhi respon yang diberikan anak. Pastikan bahwa anda memiliki alasan yang masuk akal untuk mengenalkan seluruh nutrisi penting melalui makanan. Ada 6 cara menghadapi anak yang selalu memilih makanan seperti:

  1. Berikan contoh yang baik

Ini merupakan salah satu tips menghadapi anak yang selalu memilih makanan. Mulailah dengan memberikan contoh perilaku yang baik kepada anak. Hal ini bisa dilakukan dengan anda selalu mengkonsumsi seluruh menu yang tersedia. Selain itu, pastikan bahwa seluruh jenis makanan itu memiliki karakteristik yang sama seperti jenis yang dikonsumsi anak. Ini dilakukan agar anak memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi kepada anda.

  1. Mengenalkan jenis makanan bergizi secara bertahap

Anda bisa mencoba untuk mengenalkan berbagai jenis makanan dengan nilai gizi yang sangat penting dengan cara bertahap. Metode seperti ini juga dilakukan agar anak tidak terlalu bosan atau mulai beradaptasi terhadap jenis makanan baru. Pastikan bahwa jenis makanan yang diberikan juga memiliki warna yang berbeda dan mencolok. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa sayuran segar.

  1. Buat tampilan makanan lebih menarik

Hal yang paling penting dengan membuat tampilan makanan itu menjadi lebih menarik. Misalnya saja anda membuat tampilan makanan dengan karakter huruf atau angkat yang cukup besar. Cara seperti ini dilakukan untuk menarik perhatian anak agar menyantap makanan yang tersedia. Selain itu, ada banyak pilihan makanan khusus anak yang sudah memiliki bentuk unik untuk disajikan. Pastikan juga bahwa seluruh jenis makanan dengan tampilan menarik itu memiliki nilai gizi seimbang.

  1. Jangan pernah memberikan reward apapun

Anda harus ingat bahwa untuk tidak memberikan reward atau imbalan apapun bagi anak yang menyantap menu makanan. Cara seperti ini membuat anak akan belajar disiplin dan menghargai setiap makanan yang disajikan.

  1. Membuat jadwal khusus bagi anak

Tips lain menghadapi anak yang selalu memilih makanan dengan membuat jadwak khusus bagi anak. Cara seperti ini memang akan membutuhkan waktu dan persiapan yang cukup banyak. Misalnya saja dengan membuat sajian makanan khusus pada waktu tertentu bagi anak. Bahkan, waktu makan yang diberikan kepada anak bisa disesuaikan dengan waktu bermain atau waktu luang.

  1. Buat suasana makan yang lebih menyenangkan

Hal lain yang akan membantu anak untuk menyantap seluruh makanan dengan memberikan suasana yang menyenangkan. Cara ini bisa dilakukan dengan menawarkan makanan sambil menonton video yang unik. Selain itu, cobalah untuk memberikan makanan kepada anak sambil berjalan di taman atau lingkungan sekitar.

share

Related posts

Leave a Comment